Obat jamur selangkangan efektif membasmi fungi penyebab infeksi pada lipatan paha maupun yang sudah menyebar ke luar paha. Dengan memakai obat jamur selangkangan, keluhan yang timbul pun bisa segera hilang.

Obat jamur selangkangan berguna untuk mengatasi tinea cruris atau kandidiasis di lipatan paha. Kondisi ini dapat menimbulkan bercak dan bintik-bintik merah yang disertai gatal dan perih pada pangkal paha. Gatal dan ruam juga bisa menyebar hingga ke perut atau organ kelamin, termasuk kantong zakar, labia, penis, dan anus.

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Jika mengalami ini, segera gunakan obat jamur selangkangan yang tepat agar jamur tidak menyebar dan makin sulit diatasi. Ada banyak obat jamur selangkangan yang bisa Anda dapatkan di apotek tanpa menggunakan resep dokter.

Varian Obat Jamur Selangkangan yang Bagus

Obat jamur selangkangan mencakup obat dari golongan antijamur, seperti miconazole, ketoconazole, terbinafine, dan itraconazole. Selain itu, ada juga obat jamur selangkangan yang terbuat dari bahan alami, seperti belerang.

Sediaan obat antijamur untuk mengatasi kurap atau kandidiasis di selangkangan bisa berupa krim, gel, atau salep. Ada pula obat minum khusus untuk infeksi yang parah atau tidak sembuh dengan obat oles.

Berikut adalah rekomendasi merek obat jamur selangkangan yang cepat redakan gejala kurap dan kandidiasis di area tersebut:

Daktarin Krim 5 gr

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp31.559 per tube
Beli Daktarin Krim 5 gr di Alodokter

Daktarin terkenal karena keampuhannya dalam mengatasi penyakit kulit akibat infeksi jamur, termasuk kurap atau kandidiasis di selangkangan. Daktarin mengandung miconazole yang mampu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran jamur. Alhasil, infeksi dan keluhan yang ditimbulkannya juga mereda.

Daktarin Krim termasuk obat bebas terbatas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Daktarin sediaan krim digunakan 2 kali sehari. Lanjutkan pemakaian Daktarin hingga 1 minggu setelah gejala infeksi hilang.

Canesten Krim

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp28.633 - 52.041 per tube
Beli Canesten Krim 5 gr di Alodokter
Beli Canesten Krim 10 gr di Alodokter

Canesten ampuh mengobati kurap selangkangan. Obat jamur selangkangan ini juga bisa untuk mengatasi infeksi fungi Candida yang menyebar ke vulva (vulvitis) maupun kepala penis (balanitis). Kandungan clotrimazole dalam Canesten Krim mampu merusak dinding sel jamur dan menghentikan pertumbuhannya. Ketika jamur mati dan tidak tumbuh lagi, gejala infeksi jamur pun berangsur sembuh.

Canesten hadir dalam sediaan krim 5 gram dan 10 gram yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Sebagai obat jamur selangkangan, Canesten digunakan 2–3 kali sehari selama 1–2 minggu.

Kalpanax Krim

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp17.765 - 29.574 per tube
Beli Kalpanax Krim 5 gr di Aloshop
Beli Kalpanax Krim 10 gr di Aloshop

Kalpanax bagus untuk menyembuhkan kurap di lipatan paha. Kandungan miconazole nitrate dalam obat jamur selangkangan ini akan membasmi jamur hingga tuntas. Hasilnya, gatal dan ruam yang timbul pun mereda.

Oleskan krim Kalpanax pada area selangkangan yang terinfeksi jamur, 2 kali sehari, selama 2 minggu. Pemakaian Kalpanax perlu dilanjutkan sampai 10 hari setelah gejala infeksi kulit hilang. Kalpanax tersedia dalam bentuk krim 5 gram dan 10 gram. Anda bisa membeli obat ini tanpa harus ke dokter terlebih dahulu.

Fungiderm 1% Krim

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp17.034 - 32.082 per tube
Beli Fungiderm 1% Krim 5 gr di Aloshop
Beli Fungiderm 1% Krim 10 gr di Aloshop

Fungiderm adalah obat jamur selangkangan yang mengandung clotrimazole. Bahan aktif ini mampu merusak struktur dinding sel jamur. Dengan begitu, jamur mati dan tidak menyebar lagi. Alhasil, keluhan yang muncul karena infeksi jamur di lipatan paha, seperti tinea cruris pun segera lenyap.

Fungiderm dijual bebas dalam sediaan krim 5 gram dan 10 gram. Obat ini digunakan 2–3 kali sehari selama 10–14 hari. Pemakaian Fungiderm perlu dilanjutkan sampai 2 minggu setelah gejala hilang.

Salep Kulit 88 6 gr

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp15.571 per pot
Beli Salep Kulit 88 6 gr di Aloshop

Salep Kulit 88 manjur meredakan gatal-gatal akibat infeksi jamur di selangkangan. Salep ini berisi kombinasi asam salisilat, asam benzoat, dan sulfur yang bisa membinasakan jamur penyebab gatal-gatal di selangkangan.

Untuk meredakan gatal di selangkangan akibat infeksi jamur, gunakan Salep Kulit 88, 3 kali sehari. Salep Kulit 88 bisa diperoleh tanpa perlu resep dokter.

Ketomed

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp42.505 - 45.888 per tube
Beli Ketomed 2% Gel 15 gr di Alodokter
Beli Ketomed 2% Krim 15 gr di Alodokter

Ketomed berkhasiat sebagai obat jamur selangkangan karena mengandung ketoconazole. Obat ini menghambat pembentukan ergosterol dan enzim tertentu yang dibutuhkan jamur untuk tumbuh dan bertahan hidup. Berkat kandungannya, Ketomed bisa memberantas jamur penyebab kurap atau kandidiasis di pangkal paha.

Sediaan Ketomed terdiri dari krim 15 gram dan gel 15 gr yang bisa didapat dengan resep dokter. Pakailah Ketomed krim atau gel 1 kali sehari. Lama terapi berkisar 2–4 minggu tergantung berat ringannya gejala infeksi. Pemakaian Ketomed harus diteruskan sampai beberapa hari setelah gejala hilang.

Interbi Krim 5 gr

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp55.381 per tube
Beli Interbi Krim 5 gr di Aloshop

Interbi Krim sering digunakan dalam pengobatan tinea cruris dan kandidiasis. Obat jamur selangkangan ini mengandung bahan yang bisa menghambat pertumbuhan jamur penyebab infeksi kulit. Bahan aktif yang dimaksud adalah terbinafine.

Interbi Krim dikemas dalam tube 5 gr yang hanya bisa diperoleh setelah Anda konsultasi dengan dokter. Guna melenyapkan gejala tinea cruris, Interbi Krim perlu dipakai 1–2 kali sehari, selama 1–2 minggu.

Grivin Forte 500 mg 10 Tablet

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp73.517 per strip
Beli Grivin Forte 500 mg 10 Tablet di Aloshop

Grivin Forte efektif mengobati kurap di selangkangan yang parah, sudah menyebar ke luar paha, atau yang tidak sembuh dengan penggunaan obat oles. Obat jamur selangkangan ini mengandung griseofulvin yang berfungsi menghentikan pertumbuhan dan penyebaran jamur penyebab infeksi.

Grivin Forte bukanlah obat bebas. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat ini. Dalam pengobatan kurap selangkangan, Grivin Forte dikonsumsi 1 tablet, 1–2 kali sehari menurut arahan dokter. Lama pengobatan berkisar 2–4 minggu.

Spyrocon 100 mg 4 Kapsul

Obat Jamur Selangkangan Paling Ampuh - Alodokter

Harga: Rp175.634 per strip
Beli Spyrocon 100 mg 4 Kapsul di Aloshop

Spyrocon mengandung itraconazole yang mampu menekan pertumbuhan jamur penyebab infeksi. Berbekal kemampuan tersebut, Spyrocon bisa untuk menyembuhkan kurap di lipatan paha yang parah atau yang tidak membaik dengan obat oles. Spyrocon juga bisa mengobati kandidiasis vulva dan vagina.

Spyrocon hanya boleh digunakan atas persetujuan dokter. Untuk mengatasi kurap selangkangan, Spyrocon diminum 1 tablet, 1 kali sehari selama 15 hari. Sementara itu, untuk kandidiasis vulva dan vagina, dosis Spyrocon adalah 2 kapsul, 2 kali sehari, atau 2 kapsul 1 kali sehari selama 3 hari.

Berbagai obat jamur selangkangan di atas perlu digunakan sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan atau petunjuk dokter. Selain itu, gantilah celana dalam secara rutin, kenakanlah pakaian longgar, serta hindari berbagi pakai handuk atau pakaian dengan orang lain. Tujuannya adalah agar infeksi cepat sembuh dan tidak kambuh.

Temui dokter jika keluhan tidak membaik atau makin parah meski sudah memakai obat jamur selangkangan sesuai aturan pakai. Jangan tunda ke dokter jika kurap atau kandidiasis di lipatan paha disertai demam atau jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.